Setiyawan, Radius and Budiman, Agus
BERGERAK DARI OTORITARIANISME ORDE BARU KE REFORMASI:KUASA NEGARA ATAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGICAL STATE APPARATUS (ISA) LOUIS ALTHUSSER.
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
ISSN 2614-0578
Abstract
Orde baru selama 32 tahun telah menciptakan keseragaman dalam banyak aspek. Kekuasaan yang sentralistik dan pembangunan yang hanya berpusat di Jawa memunculkan problematika yang terus menerus berlangsung hingga masa saat ini : dikotomi pusat (core) dan pinggiran (periphery). Dunia pendidikan adalah salah satu aspek yang dijadikan sebagai alat kuasa negara atas rakyatnya. Ketika orde baru jatuh, ada upaya untuk keluar dari dominasi pendidikan yang sentralistik dan jawa-sentris. Melalui tulisan ini, penulis berfokus pada 2 (dua) hal. (1) Menjelaskan proses kuasa negara atas pendidikan melalui instrument ideologinya pada orde baru, dan (2) Gambaran pasca orde baru dan usaha keluar dari kuasanya. Kajian dalam tulisan ini berusaha menghimpun beberapa kajian yang terkait dengan peran negara dalam pendidikan dan menghubungkannya dengan perspektif Ideological State Apparatus (ISA) Louis Althusser. Dengan menggunakan metode kajian kepustakaan, kajian ini menjelaskan bagaimana dominasi orde baru yang yang cenderung jawa-sentris, bias gender dan sentralistik dipengaruhi dan dikontrol oleh oleh negara. Selain itu juga, temuannya lainnya adalah adanya upaya keluar dari dominasi orde baru, akan tetapi secara substansial belum banyak beranjak darinya
Actions (login required)
|
View Item |