Setiyowati, Anis and Holisin, Iis and Suprapti, Endang
(2019)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR
SHARE (TPS) DENGAN MEDIA FLASHCARD MATH DI SMP
MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA.
Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 149-166.
ISBN 9786237259121
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui
model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media Flashcard Math di SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
10 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tes tulis, lembar observasi aktivitas siswa,
lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan 88,88%; (2)
Aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori aktif; (3) Kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran sangat baik; dan (4) Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat
positif. Oleh karena itu, penerapan Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media
Flashcard Math efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pasa siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |