UMSurabaya Repository

PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEDIA FILM PENDEK (Pendekatan Metode Demontrasi untuk menumbuhkan ketrampilan motorik kasar Unak Usia Dini)

Wahono, Wahono and Sa'ida, Naili and Kurniawati, Tri (2017) PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEDIA FILM PENDEK (Pendekatan Metode Demontrasi untuk menumbuhkan ketrampilan motorik kasar Unak Usia Dini). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (3c). pp. 198-222. ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X

[img]
Preview
PDF (Artikel_Pembelajaran Interaktif) - Published Version
Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Cek Plagiasi) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (601kB) | Preview

Abstract

Peran guru mempunyai hubungan erat dengan cara mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama dalam proses pengembangan keterampilan. Ketrampilan berpikir, keterampilan social dan keterampilan praktis tersebut dapat dikembangkan dalam situasi belajar mengajar yang intraktif antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Stimulasi motorik kasar merupakan area terbesar perkembangan di usia dini. Modal dasar untuk perkembangan ini ada 3 yaitu keseimbangan, rasa sendi dan raba. Dalam penelitian ini, peneliti secara detail dan konkrit mendeteksi perkembangan motorik anak dan sekaligus gangguan yang dialami si anak. Sambil bermain dan didokumentasi melalui film pendek oleh guru, kemudian film pendek ditayangkan didepan anak-anak dan diamati secara seksama. Secara nyata ketuntasan perkembangan motorik kasar dapat dengan jelas terdeteksi. Dengan mengambil tujuh sampel Taman Kanak-Kanak Aisyiyah dan Taman Kanak-Kanak Lainya di Surabaya. 35 siswa dijadikan model. Penelitian ini menggunakan analisis hasil skenario film pendek yang dipraktekkan oleh anak usia dini dalam menirukan gerakan gurunya. Kegiatan diluar ruangan inilah pilihan terbaik karena anak dapat menggerakkan seluruh tubuhnya sesuka hati. Di sarnping disediakan peralatan bermain, seperti papan titihan, tali atau bola, perosotan, dan lain – lain. Akan mengasah kemampuan motorik kasar, sekaligus motorik halusnya. Dengan hubungannya dengan tujuan afektif, film pendek ini juga dapat mempengaruhi emosi dan sikap anak, media ini merupakan alat yang cocok untuk memperagakan informasi afektif, baik melalui efek optis maupun melalui gambaran visual yang berkaitan. Analisis fase perkembangan di klasifikasikan dalam tiga ketegori, kategori usia 3-4 tahun 77,6 % tuntas Meniti di atas papan yang cukup lebar. Kategori Usia 4-5 tahun 86, 8 % bagus sekali menangkap sesuatu secara tepat dan menendang sesuatu secara terarah. Kategori usia 5-6 tahun 82,5 % dapat melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran interaktif, stimuli motorik kasar, media film pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: WAHONO WAHONO WAHONO
Date Deposited: 20 May 2021 13:58
Last Modified: 20 May 2021 13:58
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item