UMSurabaya Repository

PENGARUH PERMAINAN ULAR NAGA ULAR NAGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PADA SISWA KELOMPOK B TK BUNGA HATI KRAMAT KEDUNGDUNG SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROKAYYAH, SITTI (2019) PENGARUH PERMAINAN ULAR NAGA ULAR NAGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PADA SISWA KELOMPOK B TK BUNGA HATI KRAMAT KEDUNGDUNG SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (328kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Masa peka adalah suatu masa yang menuntut perkembangan anak dikembangkan secara optimal, karna masa peka adalah masa yang paling berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga sangat menentukan watak serta keadaan jasmaniah kelak kemudian hari. Pendapat Bloom menyatakan bahwa 80% perkembangan mental, kecerdasan anak berlangsung pada anak usia dini. Pendidikan taman kanak-kanak pada hakekatnya adalah tempat bermain sambil belajar.Bermain dan anak merupakan satu kesatuan tang tidak dapat dipisahkan. Aktifitas bermain dilakukan anak dan aktifitas anak selalu menunjukkan kegiatan bermain. Bermain sebagai kegiatan utama anak sudah dapat dilakukan tiga atau empat bulan. Hal ini penting bagi perkembangan kognisi, afeksi dan psikomotor anak pada umumnya, selain dapat membantu meningkatkan daya nalar (pikir) dan kepribadiannya. Bermain juga dapat membantu perkembangan fisik anak dengan gerakan halus dan kasar selain berfungsi penting bagi perkembangan pribadi bermain juga memiliki fungsi sosial, emosional dan moral anakSalah satu prinsip pendidikan anak usia dini adalah bermain sambil belajar. Namun apakah prinsip tersebut sudah dilakukan dengan tepat pada lembga pendidikan. Dalam kenyataannya sebagian guru dan orangtua masih belum memahami bahwa bermain memberikan kontribusi pada perkembangan anak. Bermain menjadi tidak efektif karna pandangan guru dan orang tua bahwa belajar dan bermain merupakan sesuatu yang terpisah bahkan menilai bahwa bermain mengganggu belajar anak. Dalam hal teresebut permasalahan yang muncul adalah bagaimana pengaruh Permainan Ular Naga untuk perkembangan anak pada siswa kelompok B TK Bunga Hati Kramat kedungdung Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Permainan Ular Naga untuk perkembangan anak pada siswa kelompok B TK Bunga Hati Kramat kedungdung Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah populasi dari siswa kelompok B TK Bunga Hati Kramat kedungdung Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pemilihan daerah penelitian adalah Purposive Sampling dan obyek penelitian adalah Permainan Ular Naga. Metode ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara : Observasi , Interview, dokumentasi dan Analisis data. Hasil penelitian ini bahwa pengaruh Permainan Ular Naga mencapai 80% dapat diserap oleh anak dengan permainan yang menarik dan melibatkan anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh Permainan Ular Naga terhadap perkembangan sosial pada siswa kelompok B TK Bunga Hati Kramat kedungdung Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial dan Permainan Ular Naga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 28 May 2021 13:35
Last Modified: 28 May 2021 13:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item