Fauzia, Faíz Azmi and Efendi, Junaidi Fery
(2020)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING.
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2).
Abstract
Pembelajaran dikatakan berhasil dapat dilihat dari peran aktif siswa sebagai input sekaligus
output, serta guru sebagai fasilitator dalam peningkatan hasil belajar. Pengembangan perangkat
pembelajaran dilakukan agar pembelajaran menjadi lebih inovatif, efektif efisien dan memiliki
kualitas yang lebih baik. Banyaknya siswa yang masih memiliki masalah dalam pemahaman
matematika, karena bahan ajar kurang menarik sehingga tidak hanya sulit memahami akan tetapi
juga tidak serius ketika proses pembelajaran matematika. Media pembelajaran Scrapbook dapat
menciptakan pembelajaran lebih menarik karena menampilkan tampilan yang disukai siswa dan
berkesan bagi siswa sehingga pembelajaran yang diterima lebih lama diingat. Penelitian ini akan
menghasilkan produk berupa scrapbook berbasis PBL. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan 4-D yakni Define, Design, Development dan Disseminate. Penilaian keefektifitasan siswa dapat dilihat dari tes hasil belajar yang dilakukan pada tes uji terbatas dengan menggunakan media Scrapbook berbasis problem Based Learning pada kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Surabaya diperoleh 80% termasuk dengan kriteria baik. Sedangkan hasil uji coba lapangan terhadap siswa kelas VIII B memiliki total ketuntasan 88% termasuk dengan kriteria baik.
Actions (login required)
|
View Item |