UMSurabaya Repository

Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Covid-19

Sujinah, Sujinah (2020) Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Covid-19. Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13 (2). pp. 256-271. ISSN 1978-8800

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia terkesan tidak menarik, membosankan, tidak ada untungnya, ironisnya siswa merasa kesulitan dalam proses pembelajarannya. Artikel ini mendeskripsikan (1) mengapa mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak diminati; (2) bagaimana solusi untuk mengatasi agar minat peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia muncul. Jenis penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan (1) tidak semua pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah vokasi berlatar belakang keilmuan bahasa Indonesia (2) kreativitas tenaga pendidik dalam memecahkan persoalan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurang; (3) rendahnya persepsi peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia.(4) solusi yang ditawarkan antara lain berupa pembelajaran dengan menggunakan teknologi gawai dan internat: membuat video rekaman misalnya rekaman membaca puisi, menulis karikatur untuk materi teks anekdot, dan membuat main mapping untuk materi teks eksposisi. Diperlukan penataan kembali guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peninjauan kurikulum Bahasa Indonesia serta pembekalan mendesain media pembelajan yang inovatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia, covid-19, kejuruan, pembelajaran inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Pascasarjana
Depositing User: SUJINAH SUJINAH SUJINAH
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:50
Last Modified: 05 Apr 2023 03:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item