UMSurabaya Repository

MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA DALAM PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PERKULIAHAN BIOKIMIA MATERI SINTESIS PROTEIN

FADLIYAH, MALIHATUL and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes. (2017) MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA DALAM PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA PERKULIAHAN BIOKIMIA MATERI SINTESIS PROTEIN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (241kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (160kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (277kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (370kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab 5)
Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1). Mengetahui minat belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan penerapan metode bermain peran (Role Playing) pada perkuliahan biokimia materi sintesis protein, 2). Mengetahui hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan penerapan metode bermain peran (Role Playing) pada perkuliahan biokimia materi sintesis protein, 3). Mengetahui respon mahasiswa prodi pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya dengan penerapan metode bermain peran (Role Playing) pada perkuliahan biokimia materi sintesis protein. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimental dengan rancangan Onegrup Pretest-Postest. Sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan angket. Teknis analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan statistik. Hasil persentase data minat belajar pada pertemuan pertama (sebelum diberi metode bermain peran) yaitu 81,66% dan pertemuan kedua (setelah diberi metode bermain peran) yaitu 90,45%. Hasil uji statistik perbedaan rata-rata menggunakan uji paired t-test pada α=0,05, diketahui bahwa nilai signifikasi (p) = 0,00 karena p value < 0,05. Hasil belajar kognitif mahasiswa setelah diberi metode bermain peran lebih tinggi secara signifikasi dibanding sebelum diberi metode bermain peran (role playing) yaitu dengan rata-rata pretest sebesar 40 dan posttest sebesar 78,6. Angket respon mahasiswa termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 98,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran (role playing) meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci :Metode bermain peran; Minat Belajar; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 08:35
Last Modified: 10 Nov 2017 08:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item