UMSurabaya Repository

” PENGGUNAAN METODE PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MEDIA TERMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SD MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA”

NASRUL ANAM, ACHMAD and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd (2017) ” PENGGUNAAN METODE PERMAINAN MONOPOLI DENGAN MEDIA TERMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SD MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA”. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (703kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (269kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (290kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (305kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] PDF (Bab 5)
Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). peningkatan motivasi siswa terhadap penggunaan permainan monopoli dengan media termodifikasi pada pembelajaran IPA SD Muhammadiyah 18 Surabaya, 2). hasil belajar siswa terhadap penggunaan permainan monopoli dengan media termodifikasi pada pembelajaran IPA siswa SD Muhammadiyah 18 Surabaya, 3). respon siswa terhadap metode permainan monopoli dengan media termodifikasi. Jenis penelitian Pre-eksperimental dengan rancangan One grup Pretest-Postest. Sampel penelitian siswa kelas V SD Muhammadiyah 18 Surabaya tahun pelajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian diolah menggunakan spss versi 20 pada signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pre-test yakni 71,67 dan rata-rata nilai post-test yakni 90,42. Hasil uji t menunjukan ada perbedaan yang signifikan. Terdapat motivasi siswa hal ini ditunjukan pada saat berkelompok dengan prosentase keberhasilan 82% sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode permainan monopoli sangat baik dengan prosentase 97,6%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan ada peningkatan motivasi siswa dalam penggunaan metode permainan monopoli dengan media termodifikasi. Ada peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan metode permainan monopoli dengan media termodifiksi Kata Kunci: Metode permainan monopoli, Motivasi, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2017 09:32
Last Modified: 21 Jul 2020 20:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item