Asy'ari, Asy'ari
(2019)
Analisis Desain Perpustakaan Sekolah Pada Tingkat Budaya
Literasi Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya.
Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2).
pp. 170-180.
ISSN 2528-4967 - 2548-219x
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang desain perpustakaan terhadap minat
baca siswa SMP Muhammadiyah 10 kelas VII A. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner atau angket dengan
pertanyaan yang relevan. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif melalui presentasi
dengan cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden dikali 100%. Hasil penelitian terbukti desain
perpustakaan berperan penting terhadap minat baca siswa sehingga diperoleh rata-rata desain dan
fasilitas perpustakaan 2.86, kelengkapan koleksi buku 2.93 dan pelayanan perpustakaan yaitu 2.71
dengan jumlah total seluruhnya 2.83. Perpustakaan memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan
minat baca. Jadi desain yang menarik sesuai kebutuhan membaca akan membawa pembaca pada
suasana yang menyenangkan. Terlihat ketika siswa dioperpustakaan merasa nyaman dan senang
tentuknya tidak lepas dari penataan interior ruangan dan peletakan buka yang rapi dan mudah untuk
dicari. Di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya terus berupaya melakukan perbaikan dengan desain
desaib yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa
Actions (login required)
|
View Item |