M.Ridlwan, Ridlwan and Asy'ari, Asy'ari and Ratno Abidin, Abidin
(2021)
KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR,
JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA.
PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia, 7 (2).
pp. 141-149.
ISSN P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Abstract
Tujuan dari penulisa ini adalah untuk mengetahui kebijakan pendidikan sekolah dasar 3 negara
(Singapur, Jepang, Korea Selatan) dan implikasinya terhadap pendidikan sekolah dasar indonesia.
Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena Indonesia merupakan salah satu Negara
yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Ini terjadi dikarenakan jumlah kelahiran di
Indonesia yang tidak dapat terkendali. Dari sini perlu terus melakukan upaya untuk mengembangkan
kreativitas dengan cara meningkatannya pendidikan. Karena Negara-Negara di dunia berkembang
tidak lepas dari proses pendidikannya yang lebih baik. Penulisan yang dilakukan oleh penulis ini
merupakan penelitian dalam bentuk diagnostik. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan
menggunakan metode doktrinal (normatif), penulisan ini bertujuan untu kmengetahui landasan
kebijakan pendidikan. Informasi yang telah telah dikumpulkan diolah dengan cara menelisik hasil
kajian pustakan melalui observasi kunjungan ke 3 Negara dan implikasinya kepada pendidikan
Indonesia dan kesimpilannya ind ensia harus update terhadap pendidikan internasional sehingga
sedikit banyak menjadikan penddikan indonesia dapat di rekonstruksi menjadi pendidikan yang beroreientasi pada kebutuhan masyarakat. Dari pendidikan perbandingan tiga Negara terkait pendidikan dapat dirumuskan bahwa di Asia Timur dan Pasifik, WEF (World Economic Forum) mencatat bahwa Singapura (peringkat 11) menjadi negara yang terbaik disusul dengan Jepang (peringkat 17) dan Korea Selatan (peringkat 27). Ketiganya merupakan negara di Asia Timur yang memiliki komitmen terhadap peningkatan potensi manusia lewat pendidikan. Indonesia peringkat 65 dari 130 negara di dunia.
Actions (login required)
|
View Item |