Faizun, Nur (2020) Hubungan Kepuasan Pelayanan Terhadap Pengobatan Pasien Tuberkulosis di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (955kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (532kB) |
Abstract
Penyakit tuberkulosis merupakan penyakit menular yang sangat membahayakan kesehatan setiap orang. Pengobatan tuberkulosis paru yang lama dapat menyebabkan penderita mengalami drop out pengobatan sehingga tidak sesuai dengan standar, hal ini menyebabkan masalah dalam penanggulangannya. Dalam program pengobatan tuberkulosis, kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan sangat berpengaruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepuasan pelayanan terhadap pengobatan pasien Tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Corelational dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penderita TB yang terdiagnosis di Puskesmas Tanah kali kedinding pada bulan januari 2019 - Desember 2019. Populasi pada penelitian ini sebanyak 92 responden dengan menggunakan teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 55 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar kuesioner kepuasan pelayanan dan kuesioner pengobatan. Varibel independen kepuasan pelayanan, variabel dependen pengobatan pasien Tuberkulosis. Kemudian data dianalisa menggunakan uji statistik Spearmen Rank Test dengan nilai signifikasi a (0,05%). Hasil uji statistik Spearmen Rank Test menunjukkan hubungan antara variabel pengobatan dan kepuasan pelayanan sangat kuat. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,889, nilai ρ = 0,000 < a=0,05. Penelitian ini meunjukkan adanya hubungan kepuasan pelayanan terhadap pengobatan tuberkulosis. Bagi Puskesmas dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif maupun dasar pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar tingkat kepuasan pelayanan meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan, Pengobatan, Tuberkulosis |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 13:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 13:00 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5781 |
Actions (login required)
View Item |