Aries Chandra Ananditha , S.Kep., M.Kep and Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and Nuur, Fadilah and Baskara Kusuma, Wijaya
(2018)
Perbedaan Perkembangan Anak Yang Tinggal Di Rumah Susun Dan Non
Rumah Susun.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
Pengantar: Perkembangan merupakan pertumbuhan dan perluasan secara
bertahap, mulai dari hal yang sederhana sampai pada hal yang lebih kompleks.
Pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak
selanjutnya. Dalam proses tumbuh kembang anak, lingkungan merupakan faktor
yang sangat penting setelah genetik. Tanpa dukungan dari faktor lingkungan,
proses pembangunan dalam mewujudkan potensi alam menjadi kemampuan nyata
tidak akan terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan
antara faktor lingkungan dengan perkembangan anak prasekolah di rumah
susun.Metode: Desain cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Lima puluh
anak pra-sekolah berpartisipasi. Kuesioner Perkembangan Pra-Skrining
digunakan untuk mengukur perkembangan anak. Hasil: Hasil penelitian
menunjukkan perkembangan anak dengan menggunakan kuesioner perkembangan
pra skrining (KPSP) menunjukkan bahwa sebagian besar anak mengalami
perkembangan yang meragukan (54%), perkembangan yang sesuai (43%), dan
perkembangan yang menyimpang (3%). Hasil analisis korelasi Spearman
menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara faktor lingkungan dengan
perkembangan anak prasekolah di rumah susun (p 0,000). Kesimpulan: ada
hubungan antara faktor lingkungan tempat tinggal: rumah susun dengan
perkembangan anak.
Kata kunci: rusun, pembangunan, KPSP
Actions (login required)
|
View Item |