UMSurabaya Repository

Penerapan Terapi Spesialis Kelompok Terapeutik Psikoedukasi Keluarga Dalam Menstimulasi Perkembangan Identitas Diri Remaja Menggunakan Pendekatan Teori Stuart Dan King

Uswatun Hasanah, S.Kep.,NS.,M.Kes and Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Hanifah Allyah Fatinah, Mahasiswa and Achmad Mahbubil Muttaqin, Mahasiswa (2019) Penerapan Terapi Spesialis Kelompok Terapeutik Psikoedukasi Keluarga Dalam Menstimulasi Perkembangan Identitas Diri Remaja Menggunakan Pendekatan Teori Stuart Dan King. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN TERAPI SPESIALIS KELOMPOK TERAPEUTIK DAN PSIKOEDUKASI KELUARGADALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN IDENTITAS DIRI REMAJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI STUART DAN KING Uswatun Hasanah, Reliani Reliani, Hanifah Allyah Fatinah, Achmad Mahbubil Muttaqin Perkembangan pada masa remaja seringkali dihubungkan dengan periode yang penuh dengan tantangan. Oleh sebab remaja dituntut untuk menyelesaikan tugas perkembangan identitas diri agar mampu mencapai kepuasan, kebahagiaan dan memiliki identitas diri yang positif. Tujuan penulisan ini yaitu mrnggambarkan perbandingan peningkatan aspek perkembangan identitas diri remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga. Terapi Kelompok Terapeutik merupakan terapi spesialis keperawatan jiwa yang dapat meningkatkan potensi dan mengembangkan kualitas antar anggota kelompok dalam mengatasi masalah kesehatan. Psikoedukasi keluarga diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan keluarga dalam menstimulasi pencapaian identitas diri remaja. Klien terdiri dari empat remaja dengan rentang usia 13-14 tahun, dua remaja hanya mendapat terapi kelompok terapeutik, sedangkan dua remaja lain mendapatkan terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan aspek dan tugas perkembangan remaja dengan nilai pencapaian maksimal pada remaja yang diberi terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi keluarga. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan model stres adaptasi Stuart dan King. Rekomendasi laporan kasus ini dapat dijadikan sebagai standar dalam terapi spesialis keperawatan jiwa dan disosialisasikan serta dilaksanakan pada tatanan pelayanan kesehatan jiwakomunitas. Kata Kunci : Identitas Diri, Remaja, Psikoedukasi Keluarga, Teori King

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: USWATUN HASANAH
Date Deposited: 11 Jan 2022 13:54
Last Modified: 11 Jan 2022 13:54
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item