Siti Aisyah, , S.Kep.,Ns.,M.Kes and Aziz Alimul, S.Kep., NS., M.Kes.
(2020)
Analisis Keunggulan Pendidikan Keperawatan Di Indonesia
Menggunakan Kriteria Baldrige.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan pendidikan keperawatan di
54 sekolah perawat di Jawa Timur, Indonesia, dengan menggunakan Baldrige
Criteria tor Performance Excellence (BCFPE) untuk mengevaluasi keunggulan
bersaing di tingkat internasional. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara;
kuesioner; dan dokumentasi dari pimpinan jurusan, dosen, dan mahasiswa. Data
yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner modifikasi Baldrige dianalisis
dengan statistik deskriptif kemudian diklasifikasikan menggunakan skor BCFPE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah keperawatan ini masih dalam tahap
awal pertumbuhan di semua lengan yang diukur. Skor pencapaian mereka secara
keseluruhan di bawah 50%. Sekolah keperawatan dapat mencapai kinerja kelas
dunia dan keunggulan kompetitif dalam pendidikan keperawatan, muncul sebagai
pemimpin industri, dengan meningkatkan kepemimpinan; fokus pelanggan;
perencanaan strategis; pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan; fokus
sumber daya manusia; dan proses belajar.
Kata kunci: Kriteria Baldrige untuk Keunggulan Kinerja; Indonesia; keunggulan
kompetitif; sekolah perawat
Actions (login required)
|
View Item |