UMSurabaya Repository

PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PERUSAHAAN BLUE-CHIPS BIDANG PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Hasanah, Mimma Rifda and Ma’ruf Sya’ban, SE, M.Ak and Dr. Didin Fatihudin, SE, M.Si (2015) PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PERUSAHAAN BLUE-CHIPS BIDANG PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (191kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (80kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (76kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (50kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Corporate Social Responsibilities (CSR) adalah hal penting dalam dunia usaha. CSR di Indonesia diatur melalui UU Nomor 40 tahun 2007 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi Perseroan Terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya CSR terhadap Return On Investment (ROI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena menekankan analisis pada data-data numerical (angka) yang kemudian diolah dengan metode statistika. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan pertambangan yang go public sehingga sampel yang digunakan yaitu kepada empat buah perusahaan-perusahaan pertambangan yang termasuk pada kategori saham blue-chips. Data yang dipergunakan adalah data sekunder pada perusahaan-perusahaan yang datanya tercantum di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011 hingga 2014. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa CSR pengaruh tidak signifikan terhadap variabel terikat yaitu Return On Investment (ROI). Biaya CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap ROI pada perusahaan pertambangan karena thitung < ttabel (1,252 < 2,447) dan didukung dengan signifikansi sebesar 0,257 (p > 0,05). Kata-kata kunci : Corporate Social Responsibility, CSR, Return On Investment, ROI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 13 Nov 2017 01:52
Last Modified: 13 Nov 2017 01:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item