UMSurabaya Repository

Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Design Aplikasi Game Flash Card Terhadap Peningkatan Membaca Pada Anak Retardasi Mental Ringan Di Sdlb/C Alpha Kumara Wardhani II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya

Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and Gita Marini, S.Kep., Ns., M.Kes and Buyung Kristian, Sujono and Jul Asfi, Warraihan Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Design Aplikasi Game Flash Card Terhadap Peningkatan Membaca Pada Anak Retardasi Mental Ringan Di Sdlb/C Alpha Kumara Wardhani II Dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA Oleh : Reliani,S.Kep.,Ns.,M.Kes Keterbatasan neurologis seperti cacat otak dan kekurangmatangan secara fisik merupakan salah satu yang dapat menyebabkan anak retardasi mental ringan tidak berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hambatan yang dialami anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam berbahasa, khususnya pada aspek membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh design Aplikasi Game Flash Card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-experimental Design dengan menggunakan pendekatan One group pre test-post test design. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa retardasi mental ringan kelas 1-3 berjumlah 30 anak di SDLB/C Alpha Kumara Wardhana II dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Metode sampling menggunakan Non Probability Sampling jenis Total Sampling. Ada variable independent (Pembelajaran menggunakan Game Flash Card) dan variable dependent (Peningkatan Membaca). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikan ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukan : terdapat 3 responden (10%) memiliki kategori sangat baik, 18 responden (60%) memiliki kategori baik, 8 responden (26.7 %) memiliki kategori cukup, dan 1 responden (3.3 %) memiliki kategori kurang. Sehingga pada analisa statistic dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan p = 0,000 < α (0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan game flash card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Peneliti berikutnya agar dapat menerapkan inovasi terbaru dalam pembelajaran pada anak retardasi mental ringan dan menganalisis peningkatan membaca. Kata Kunci : Game Flash Card, Membaca, Anak Retardasi Mental

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: ENI SUMARLIYAH SUMARLIYAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 10:19
Last Modified: 18 Jan 2022 10:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5934

Actions (login required)

View Item View Item