Eni Sumarliyah., S Kep.,Ns.,M Kes and Aziz Alimul, S.Kep., NS., M.Kes. and Uun , Nurjanah and Dinda Hasanah, Putri
Penggunaan Blended Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Keperawatan.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
Latar belakang: Masalah kolaborasi antara perawat dan dokter dapat disebabkan
oleh kurangnya proses pembelajaran yang mengandung unsur kolaborasi dalam
pendidikan keperawatan. Oleh karena itu budaya dan sikap untuk berkolaborasi
masih kurang di kalangan mahasiswa keperawatan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan blended learning
dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa keperawatan.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan jenis studi literatur non-sistematis. Data
berupa artikel dikumpulkan dari beberapa database yang meliputi PROQUEST,
Science Direct, Elsevier, BMJ, Google Scholar dan PubMed dengan mencari
beberapa kata kunci pencarian yaitu “e-learning”, “blended learning”, “Nursing
Education”, “collaborative keperawatan", "IPE", "IPC", "Kolaborasi Profesional",
"Pendidikan Interprofessional" menggunakan boolean "AND". Selain pencarian
kata kunci, peneliti juga menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi dalam
menyaring artikel yang diulas terbatas pada artikel yang diterbitkan pada tahun
2013 -2018.
Hasil: Blended learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa
keperawatan melalui peningkatan unsur kerjasama, ketegasan, tanggung jawab,
komunikasi, otonomi, koordinasi, pemahaman tujuan umum, saling menghormati
dan percaya.
kesimpulan: Blended learning dapat diadopsi dalam pendidikan keperawatan.
Blended learning dapat meningkatkan motivasi, meningkatkan hasil belajar,
menanamkan nilai karakter yang baik, mendorong berpikir kritis dan meningkatkan
keterampilan kolaborasi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |