Prasetyo, Adi and Rizki Wibawaningrum, ST (2015) OPTIMASI KEUNTUNGAN PERBAIKAN KENDARAAN BERODA EMPAT DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING GRAFIK DI BENGKEL SONNI AUTO UNDERSTEEL SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (pendahuluan)
Download (396kB) |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
Abstract
Kata kunci : optimasi keuntungan, metode linear programming grafik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan optimasi suatu fungsi linear dengan multi kendala berbentuk persamaan menggunakan metode linear programming dan menentukan keuntungan maksimal yang didapat bengkel sonni auto understeel pada perbaikan kampas kopling dan power steering dengan menggunakan metode linear programming. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah mobil dengan perbaikan kampas kopling dan power steering. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode linear programming grafik. Hasil penelitian ini adalah : 1.cara menentukan optimasi suatu fungsi linear dan kendala berbentuk persamaan menggunakan metode linear programming grafik adalah sebagai berikut : a.) identifikasi variabel keputusan, b.) identifikasi fungsi objektif, c.) identifikasi kendala-kendala, d.) menggambarkan bentuk grafik dari semua kendala, e.) identifikasi daerah solusi yang layak pada grafik, f.) menggambarkan bentuk grafik dari fungsi objektif dan menentukan titik yang memberikan nilai objektif optimal pada daerah solusi yang layak, g.) mengartikan solusi yang diperoleh dan 2. Dari ketiga titik batasan daerah feasiable diperoleh bahwasannya keuntungan maksimal yang didapat bengkel sonni auto understeel pada perbaikan kampas kopling dan power steering dengan menggunakan metode linear programming grafik sebesar Rp.4.400.000 pada titik batasan B dengan banyak unit mobil yang terselesaikan pada perbaikan kampas kopling sebanyak 8 unit mobil dan pada perbaikan power steering sebanyak 4 unit mobil yang dikerjakan selama kurang dari atau sama dengan 36 jam oleh 4 mekanik. Kesimpulan penelitian ini adalah keuntungan maksimal yang diperoleh bengkel sonni auto understeel mengalami peningkatan sebesar Rp.2.200.000 dengan cara merubah kombinasi banyaknya unit mobil yang bisa diselesaikan oleh perbaikan kampas kopling dan power steering setiap harinya sehingga yang semula keuntungan maksimal yang diperoleh bengkel sonni auto understeel sebelum menggunakan metode linear programming grafik sebesar Rp.2.000.000 kemudian meningkat menjadi Rp.4.400.000 sesudah menggunakan metode linear programming.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Users 322 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 04:12 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 04:12 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/601 |
Actions (login required)
View Item |