Musrifatul Uliyah, S.ST., M.Kes and Dr. A.Azis Alimul H, , S,Kep,.Ns,. MKes and Novianty Kusumawardani, Mahasiswa and Voelda Fintriaroqana, Mahasiswa
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis
Struktur Objektif.
Project Report.
umsurabaya.
(Unpublished)
Abstract
PANDUAN TUTORIAL MELALUI BLENDED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KOMPETENSI KEMAMPUAN PENDIDIKAN
KEPERAWATAN
Oleh:
Musrifatul Uliyah, Luthfiyah Nurlaela, Mustaji, Abdul Aziz Alimul Hidayat, Dede
Nasrullah
Pendahuluan: Tuntutan kelulusan dalam uji kompetensi keperawatan berbanding terbalik
dengan prestasi belajar mahasiswa yang rendah. Solusi yang dilakukan adalah dengan
melakukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dan soft skill. Blended
learning terbukti efektif dibanding metode ceramah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis pengaruh bimbingan belajar melalui blended learning dalam meningkatkan
kemampuan pretest pada uji kompetensi perawat. Metode: Penelitian ini menggunakan desain
penelitian pra-eksperimen, jumlah responden 60 responden. Sampel diambil secara simple
random sampling. Kriteria inklusi sampel penelitian adalah: mahasiswa semester akhir yang
akan menghadapi ujian kompetensi yang tidak dalam kondisi sakit. Datanya adalah
dikumpulkan dengan menggunakan uji kompetensi perawat. Dengan total 120 pertanyaan
dengan hasil alpha Cronbach uji pada variabel uji kompetensi adalah 0,95. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung karakteristik responden dengan distribusi
frekuensi, persentase, mean dan standar deviasi (sd). berpasangan Uji t digunakan untuk
menganalisis pengaruh perbedaan sebelum dan sesudah bimbingan belajar melalui blended
learning. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan belajar melalui blended
learning yang ditampilkan perbedaan sebelum dan sesudah mengikuti program bimbingan
tutorial melalui blended learning, dengan nilai tes uji t berpasangan p = 0,000. Hasil lain dari
bimbingan belajar melalui blended learning adalah in-house training dan online jasa pelatihan,
9 (sembilan) produk buku pengayaan uji kompetensi perawat. Kesimpulan: untuk
meningkatkan hasil uji kompetensi perawat dapat dibuat pedoman dalam tutorial dan online
melalui program blended learning. Dengan demikian bimbingan belajar melalui blended
learning dapat digunakan sebagai pedoman alternatif uji kompetensi keperawatan bagi
mahasiswa keperawatan yang dapat mempersiapkan uji kompetensi perawat di Indonesia.
Kata Kunci: Uji kompetensi perawat, blended learning, keperawatan
Actions (login required)
|
View Item |