UMSurabaya Repository

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis Struktur Objektif

Musrifatul Uliyah, S.ST., M.Kes and Dr. A.Azis Alimul H, , S,Kep,.Ns,. MKes and Novianty Kusumawardani, Mahasiswa and Voelda Fintriaroqana, Mahasiswa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pemeriksaan Klinis (Osce) Berbasis Struktur Objektif. Project Report. umsurabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
Download (760kB) | Preview

Abstract

PANDUAN TUTORIAL MELALUI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEMAMPUAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN Oleh: Musrifatul Uliyah, Luthfiyah Nurlaela, Mustaji, Abdul Aziz Alimul Hidayat, Dede Nasrullah Pendahuluan: Tuntutan kelulusan dalam uji kompetensi keperawatan berbanding terbalik dengan prestasi belajar mahasiswa yang rendah. Solusi yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dan soft skill. Blended learning terbukti efektif dibanding metode ceramah. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bimbingan belajar melalui blended learning dalam meningkatkan kemampuan pretest pada uji kompetensi perawat. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimen, jumlah responden 60 responden. Sampel diambil secara simple random sampling. Kriteria inklusi sampel penelitian adalah: mahasiswa semester akhir yang akan menghadapi ujian kompetensi yang tidak dalam kondisi sakit. Datanya adalah dikumpulkan dengan menggunakan uji kompetensi perawat. Dengan total 120 pertanyaan dengan hasil alpha Cronbach uji pada variabel uji kompetensi adalah 0,95. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menghitung karakteristik responden dengan distribusi frekuensi, persentase, mean dan standar deviasi (sd). berpasangan Uji t digunakan untuk menganalisis pengaruh perbedaan sebelum dan sesudah bimbingan belajar melalui blended learning. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan belajar melalui blended learning yang ditampilkan perbedaan sebelum dan sesudah mengikuti program bimbingan tutorial melalui blended learning, dengan nilai tes uji t berpasangan p = 0,000. Hasil lain dari bimbingan belajar melalui blended learning adalah in-house training dan online jasa pelatihan, 9 (sembilan) produk buku pengayaan uji kompetensi perawat. Kesimpulan: untuk meningkatkan hasil uji kompetensi perawat dapat dibuat pedoman dalam tutorial dan online melalui program blended learning. Dengan demikian bimbingan belajar melalui blended learning dapat digunakan sebagai pedoman alternatif uji kompetensi keperawatan bagi mahasiswa keperawatan yang dapat mempersiapkan uji kompetensi perawat di Indonesia. Kata Kunci: Uji kompetensi perawat, blended learning, keperawatan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Laporan Penelitian
Depositing User: MUSRIFATUL ULIYAH ULIYAH
Date Deposited: 22 Feb 2022 14:41
Last Modified: 22 Feb 2022 14:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6116

Actions (login required)

View Item View Item