UMSurabaya Repository

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA

Hasanah, Rizqi Yatun (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL-ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 15 SURABAYA. Undergraduate thesis, S1 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (544kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (314kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (404kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (95kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Al-Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya 2020. Dosen Pembimbing I: Rusman, M.Pd.I., Dosen Pembimbing II: Bahrudin, M.Pd.I. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya? bagaimanakah prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya? adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru Al-Islam terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dimaksud kuantitatif dalam peniliti ini yaitu peneliti akan memberikan sumbangan pemikiran seberapa besarnya pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa, karena kuantitatif sendiri adalah penelitian yang merupakan analisis penelitiannya dengan angka dan menggunakan perhitungan statistik dalam menganalisisnya. Dalam penelitian ini populasinya adalah anak kelas VII tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 178, dari populasi tersebut diambil 35%, yaitu 63 siswa sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus Product Moment (Pearson). Hasil penelitian ini adalah: pertama, dari 10 pertanyaan yang dibagikan kepada 63 responden untuk mengukur tingkat kompetensi pedagogik guru didapati responden lebih dominan menjawab sangat sering dan sering daripada jawaban kadang-kadang dan tidak pernah. Kedua, dari 10 pertanyaan yang dibagikan kepada 63 responden untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa didapati responden lebih dominan menjawab sangat sering dan sering daripada jawaban kadang-kadang dan tidak pernah. Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa r_xy= 0,575 lebih besar dari r_tabel = 0,250 baik pada taraf signifikasi 5% (0,250) maupun pada taraf signifikasi 1% (0,325) maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan menolak hipotesis Nihil (Ho)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa, Kompetensi Pedagogik Guru, SMP Muhammadiyah 15 Surabaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 03 Jun 2022 10:10
Last Modified: 03 Jun 2022 10:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item