UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DAN GAYA BELAJAR PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

PERMATASARI SUNOTO, DWI CITRA and Drs. Abdul Ghoni, M.Kes and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd (2015) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING DAN GAYA BELAJAR PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (86kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (16kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Quantum Learning adalah model pembelajaran yang penerapannya melalui 6 tahapan yang disingkat dengan TANDUR. Aspek-aspek dalam Quantum Learning menjadi faktor penting untuk merangsang fungsi otak paling efektif, sehingga dapat menunjukkan gaya belajar. Gaya belajar digambarkan sebagai cara orang-orang memahami dan mengingat informasi Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Quantum Learning dan gaya belajar terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen menggunakan desain static-group comparison. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhmmadiyah 7 Surabaya, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil yang diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 77.55 lebih tinggi daripada kelas kontrol 64.25. Data hasil penelitian diolah dengan uji friedman, nilai α= 0.05, dan diperoleh signifikansi 0.000 pada hasil belajar. Sedangkan motivasi siswa 15 dari 18 siswa mempunyai motivasi dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Quantum Learning dan gaya belajar terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Gaya belajar, hasil belajar, motivasi, Quantum Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:55
Last Modified: 13 Nov 2017 07:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item