biantoro, nanly ollyvia putri hestu and Kristanti, Febriana and Mursyidah, Himmatul (2020) Pengaruh Penilaian Kinerja dan Kecerdasan Emosional Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2 (2). pp. 89-102. ISSN e-ISSN: 2714-5506 p-ISSN: 2714-609X
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (2MB) |
|
PDF (Cek Plagiasi)
Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja siswa dan kecerdasan emosional siswa selama proses pembelajaran berdasarkan PjBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel penelitian berada pada kelas VII-B SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes materi perbandingan, lembar observasi kinerja siswa, dan angket kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel penilaian kinerja terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 4,632 > 4,45 , artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja terhadap hasil belajar sebesar 42,5%; (2) berdasarkan uji regresi linear sederhana variabel kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 5,733 > 4,45, artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 33,6%;(3) berdasarkan uji regresi linear berganda variabel penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 3,672 > 3,59, artinya terdapat pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sebesar 60,7%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, penilaian kinerja, Project Based Learning (PjBL). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | FEBRIANA KRISTANTI KRISTANTI |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 03:56 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 03:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6656 |
Actions (login required)
View Item |