UMSurabaya Repository

Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Tuntutan, Fakta, Dan Solusi)

Sujinah, Sujinah Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Tuntutan, Fakta, Dan Solusi). Procedding UMS, 1 (1). pp. 47-66. ISSN 978-979-1032-98-8

[img] PDF (Artikel) - Published Version
Download (417kB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (2MB)
[img] PDF (Peer Review)
Download (303kB)

Abstract

Kemajuan masa depan manusia dan bangsa bergantung pada kemajuan guru; pembangunan masa depan yang cerah bertumpu pada seberapa besar investasi pada guru. Guru memiliki keberadaan dan kedudukan sangat sentral dan vital dalam sistem pendidikan persekolahan di samping memiliki fungsi dan peranan sangat strategis bagi keberhasilan pendidikan dan pembelajaran. Mengingat sedemikian sentral dan strategisnya keberadaan, kedudukan, dan fungsi serta peranan guru, munculnya berbagai aturan baik internasional maupun nasional. PBB melalui ILO dan UNESCO pada dasawarsa 1960-an yang pada 1966 mengeluarkan ILO/UNESCO Recommendation Concerning that Status of Teachers yang mengatur seluk beluk guru sebagai sebuah profesi dan seorang professional (Rahman, 2012: 97) Sebagai sebuah profesi, guru harus dimasuki oleh orang-orang professional; guru bukanlah buruh semata-mata yang bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dengan kata lain, guru harus dimasuki oleh orang-orang yang telah memperoleh pendidikan profesional, tidak bisa sembarang pendidikan menerjuni profesi guru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Pascasarjana
Depositing User: Dr. Sujinah, M.Pd.
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:39
Last Modified: 28 Dec 2023 07:15
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6684

Actions (login required)

View Item View Item