Dzulkifli, Dzulkifli and Andini, Dwi A (2022) EFEKTIVITAS PERMAINAN STICO TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP DASAR HITUNG, MEMBEDAKAN WARNA DAN MELATIH MOTORIK HALUS PADA SISWA PAUD. Jurnal MOTORIC, 6 (1). pp. 327-334. ISSN 25805851
PDF (PERMAINAN STICO)
- Published Version
Download (2MB) |
|
PDF (HASIL PLAGIASI)
Download (2MB) |
|
PDF (REVIEW JURNAL)
Download (1MB) |
Abstract
STICO (Stick To Count Match And Color) adalah media pembelajaran berupa alat permainan edukatif (APE) yang bertujuan untuk membantu anak usia dini dalam belajar konsep dasar hitung, dan mengetahui warna- warna. Permainan ini juga dirancang untuk melatih motorik halus pada siswa PAUD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan metode ceklist. Penelitian ini dilakukan di PAUD Kasih Bunda yang berlokasi di Dusun Ndono Desa Temu Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa PAUD Kasih Bunda berusia 4 tahun. Hasil dari penelitian yaitu setelah peneliti melakukan treatment selama 6 kali tidak berturut-turut selama 2 hari pada pagi, siang dan sore dengan waktu yang sama pada hari pertama dan kedua dengan menggunakan STICO yang peneliti buat dan di peroleh hasil posttest menunjukkan bahwa subyek mengalami peningkatan dalam kemampuan dasar konsep hitung, membedakan warna serta motorik halus subyek yang membaik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Psikologi |
Depositing User: | Dzulkifli Dzulkifli Dzulkifli |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 02:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 02:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6763 |
Actions (login required)
View Item |