Firmansyah, Salman Ari and Mayasari, Linda and Hesmatantya, Vega (2022) STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS BLENDED LEARNING USING ENGLISH DISCOVERIES AT THE UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH SURABAYA. JONED : Journal of Nusantara Education, 1 (2). pp. 53-59. ISSN 2807-436X
PDF
- Published Version
Download (2MB) |
|
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa di Universitas swasta di Surabaya, platform English Discoveries diterapkan melalui metode blended learning pada proses pembelajaran Bahasa Inggris di semua fakultas. Para dosen telah diberikan pelatihan tentang penggunaan English Discoveries dalam metode Blended Learning. Sedangkan bagi mahasiswa yang baru dikenalkan dengan media pembelajaran baru dalam metode blended learning harus beradaptasi dengan pengalaman belajar bahasa Inggris yang berbeda dari sebelumnya. Persepsi mahasiswa sangat penting untuk diketahui sebagai bahan evaluasi dalam proses pembelajaran selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning menggunakan English Discoveries, dampaknya terhadap kemampuan berbahasa Inggris, kelebihan dan kendala ketika pembelajaran menggunakan metode blended learning. Untuk mengetahui persepsi mahasiswa, penelitian ini menyebarkan angket kepada 329 mahasiswa dari 7 fakultas. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa English Discoveries merupakan platform yang mudah digunakan, serta efektif dan efisien dalam membantu siswa belajar dalam blended learning. Tahapan pembelajaran yang terdapat dalam English kemampuan bahasa Inggris mahasiswa Para mahasiswa memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi materi dan salah satu keterampilan bahasa Inggris mereka karena metode pembelajaran yang fleksibel. Di sisi lain, mahasiswa mengalami kendala dalam hal koneksi jaringan internet yang tidak stabil dan biaya kuota internet yang mahal. Oleh karena itu pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik sebelum memulai untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, hal ini membutuhkan kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Blended Learning, English Discoveries
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Vega Hesmatantya |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 03:57 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:57 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6891 |
Actions (login required)
View Item |