Oktafianto, Ferry (2019) PENGUJIAN GAYA DAN EFISIENSI REM ANGIN MOBIL NISSAN UD TRUCK PKC 311 TANPA PEMBEBANAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia tranportasi rem merupakan bagian terpenting untuk kendaraan, yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan. Tujuannya unutk menentukan kapasitas maksimum dari kampas rem kiri dan kampas rem kanan serta waktu yang yang dibutuhkan untuk berhenti nuntukn perbedaan kecepatan kendaraan. Penelitian ini dilakukan unutk mengetahui nilai gaya yang terjadi pada rem untuk kendaraaan tersebut,dengan jarak yang berbeda,dengan pengujian variasi kecepatan kendaraan 20 km/jam,30km/jam,40km/jam. Dari perhitungan pengujian gaya kendaraan saat pengereman ditemukan bahwa Mobil Nissan UD Truck pkc 311 ini dengan kecepatan 20km/jam dengan jarak 5,08m sertta perlambatan 3,0 m/dt,dan menghasilkan gaya 12.474 N. Dengan keecepatan 30 km/jam menghasilkan gaya 14.968 N,Dengan kecepatan 40 km/jam menghasilkan gaya 17.713 N. Dengan nilai efisiensi rem angin sebesar 67%. Gaya pengereman adalah gaya yang harus dipenuhi oleh unit rem terkandung di dalm kendaraan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : Ir.Suhariyanto,M.T. |
Uncontrolled Keywords: | system pengereman,jarak dan kecepatan serta gaya rem. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | 08. Fakultas Teknik > Teknik Mesin 08. Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 01:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:53 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7427 |
Actions (login required)
View Item |