Agustin, Fatin and Drs. Ec. Ezif Moh. Fahmi W, Ak, MM and Rieska Maharani, SE., MM (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM PENJUALAN TIKET PADA WISATA BAHARI LAMONGAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (279kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (232kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (331kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (161kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penjualan merupakan suatu kegiatan perusahaan yang sangat penting, sehingga diperlukan sistematika dan prosedur yang memadai. Tetapi beberapa perusahaan kurang memperhatikan sistem dan prosedur penjualan, sehingga informasi yang diperoleh dari satu bagian yang lain dapat dikatakan kurang lengkap. Akan tetapi sistem informasi yang baik adalah dapat menyediakan informasi yang memadai untuk menunjang kegiatan manajerial, salah satunya adalah Penjualan. Untuk mengkaji sistem dan prosedur penjualan pada organisasi, peneliti tertarik mengkaji sistem dan prosedur penjualan tiket pada Wisata Bahari Lamongan karena terjadi fluktuasi dan perubahan tiap periodenya sehingga dimungkinkan adanya penyempurnaan sistem pengendalian intern dalam kegiatan penjualan dengan melakukan evaluasi terhadap struktur dan prosedur akuntansi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif serta menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Wisata Bahari Lamongan dalam unsur sistem pengendalian intern yakni prosedur penjualan tiket kurang efektif dan efisien terhadap pemanfaatan sistem informasi akuntansinya. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa Wisata Bahari Lamongan masih kurang efektif dalam sistem dan prosedur penjualan tiket, karena pengendalian intern pada sistem dan prosedur penjualan tiket tidak adanya pemisahan fungsi antara bagian pelayanan dan penerimaan pembayaran, serta tidak adanya kontrol dari pihak akuntansi terhadap pihak loket. Saran yang diberikan agar harus ada pemisahan fungsi secara jelas sehingga tidak ada satu bagian di dalam perusahaan yang menyelesaikan suatu transaksi dari awal sampai akhir tanpa diketahui oleh pihak atau bagian lain, serta bagian akuntansi harus melakukan pengecekan terhadap bagian loket dalam penjualan tiket secara langsung agar lebih efektif dan efisien. Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan, Pengendalian Intern
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 07:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 07:06 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/746 |
Actions (login required)
View Item |