UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN DENGAN MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK B TK. TUNAS HARAPAN DESA MENTURUS KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG

RATIKA MELATI, DIAN (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN DENGAN MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK B TK. TUNAS HARAPAN DESA MENTURUS KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bermain puzzle membuat anak semakin memahami logika sebab akibat. Contohnya, kalau keping A dipasang dekat keping B ternyata tidak cocok, beda hasilnya jika keping A dipasang dengan keping E, hasilnya merupakan bagian dari gambar yang utuh. Inilah yang namanya hubungan sebab-akibat. Setelah berulang kali mencoba, memadu-padan dan memasang kepingan gambar, akhirnya anak akan berhasil menyelesaikan sebuah gambar yang utuh. Gambar yang telah berhasil diselesaikan tersusun dari bagian- bagain yang kecil. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika permainan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan media puzzle (2) mendeskripsikan respon anak dalam kegiatan permainan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan media puzzle (3) Untuk mendeskripsikan permainan dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan media puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan kognitif anak melalui permainan. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Tunas Harapan Desa Menturus Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 66,67 %, meningkat pada Siklus II sebesar 88,89 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 100 %, aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 44,45 %, meningkat pada Siklus II sebesar 66,67 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 88,89 %, respon anak mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 50 %, meningkat pada Siklus II sebesar 72,23 %, dan meningkat pada Siklus III sebesar 94,45 %, permainan dengan media puzzle mengalami peningkatan dari Siklus I sebesar 53,71 %.meningkat pada Siklus II sebesar 75,93 %.dan meningkat pada Siklus III sebesar 94,45 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd. ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, kepingan geometri, puzzle
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:30
Last Modified: 27 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7546

Actions (login required)

View Item View Item