AINI, GITA AFIDHOTUL (2019) KEEFEKTIFAN METODE SCRAMBLE DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF PADA WACANA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH 25 BRONDONG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 25 Brondong dalam menentukan ide pokok paragraf pada wacana teks eksposisi sebelum menggunakan metode scramble; (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 25 Brondong dalam menentukan ide pokok paragraf pada wacana teks eksposisi sesudah menggunakan metode scramble; dan (3) mendeskripsikan keefektifan metode “scramble” dalam menentukan ide pokok paragraf siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 25 Brondong pada pembelajaran teks eksposisi. Desain penelitian yakni “one-group pretest-posttest design” yang bersifat “pre experimental”. Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 25 Brondong yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik “purposive random sampling”, yakni siswa kelas VIII A sebanyak 20 siswa. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik tes pada kegiatan “pretest” dan “posttest”, dan teknik penganalisaan data dengan menggunakan uji-t dan uji N-Gain score. Seluruh perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan program “Statistical Package of Social Science” (SPSS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan perolehan nilai rata-rata “post-test” lebih tinggi daripada nilai rata-rata “pre-test”. Dari hasil analisis inferensial dengan perhitungan uji-t tampak nilai t-hasil sebesar 7.105 dibandingkan dengan nilai t-tabel sebesar 1.729 atau t-hasil > t-tabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan metode “scramble” ada pengaruh dalam menentukan ide pokok paragraf pada wacana teks eksposisi siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 25 Brondong. Selanjutnya, dari hasil analisis data statistik uji N-Gain Score menunjukan nilai 7 siswa dikategorikan sedang dan 13 lainnya rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode scramble kurang efektif dalam menentukan ide pokok paragraf pada wacana teks eksposisi siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah 25 Brondong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Sujinah, M.Pd ; 2. Pheny Cahya Kartika, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | metode scramble, ide pokok paragraf, teks eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Muhammad Faizal Ramadhani |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:57 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7579 |
Actions (login required)
View Item |