UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA SISWA TK PKK MAPPER KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN

MARDIYANTI RIADI, KIKI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE MENDONGENG PADA SISWA TK PKK MAPPER KECAMATAN PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (554kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengentahuan yang luar biasa diera moderisasi dan globalisasi termasuk didalamnya dibidang pendidikan, dimana kegiatan belajar mengajar yang bermula teacher centered menjadi student centered, perkembangan teori-teori pendidikan yang semakin maju dan mutakhir tersebut memerlukan penyesuaian dalam beberapa hal, konten kurikulum, kegiatan belajar mengajar dikelas dan keunikan anak-anak yang beragam dalam beberapa potensi yang dimilikinya, berdasarkan moto pembelajaran diTaman Kanak-kanak belajar sambil bermain. Anak-anak membutuhkan perangkat yang diperlukan untuk mengarungi kehidupan yang semakin kompleks. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah dengan metode mendongeng dapat meningkatkan berbicara. TK. PKK Mapper Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun 2018/2019.. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK. PKK Mapper Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan Tahun 2018/2019.. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah trigulasi data. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kemampuan berbicara pada anak pada observasi awal yang hanya 10 anak atau 20% yang mampu berbicara dengan baik, maka hasil siklus I meningkat menjadi 22 anak atau 45% yang berbicara dengan baik. Karena siklus I tidak memenuhi kriteria kesuksesan, maka observasi dilanjutkan siklus II, sehingga pengunaan metode mendongen dengan alat peraga, kesuksesan observasi siklus II hasilnya 40 anak atau 80% yang mampu bebicara dengan baik. Hal ini terbukti dengan kegiatan mendongeng dapatkan meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si. ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz, M.Kes
Uncontrolled Keywords: metode mendongeng, kemampuan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:03
Last Modified: 27 Jul 2023 04:03
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7582

Actions (login required)

View Item View Item