UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-5 MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN ISLAMIYAH PENGULU SIDAYU TAHUN 2018

Aminah, Siti Nur (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-5 MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN ISLAMIYAH PENGULU SIDAYU TAHUN 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Program pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan di Taman Kanakkanak memiliki tujuan untuk memperkenalkan anak dalam menggunakan lambang bilangan. pengenalan angka pada anak yaitu; anak harus dilatih terlebih dahulu memahami dengan bahasa 18 simbol yang disebut sebagai abstraksi sederhana yang dikenal pula dengan istilah abstraksi empiris. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki hasil refleksi pembelajaran yaitu utuk: Mendiskripsikan peningkaan kemapuan mengenal lambang bilangan 1-5 anak Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu. Mendiskripsikan hasil pembelajaran permainan kartu angka pada anak Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu. Mendiskripsikan peningkat kemapuan mengenal lambang bilangan 1-5 melalui. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh dalam bentuk angka yang disusun dalam bentuk tabel yang hasilnya disusun dalam bentuk narasi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah 19 anak kelompok Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu Memperhatikan aspek-aspek yang telah diteliti sehingga dapat disimpulkan bahwa “Penerapan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu. Peningkatan kemampuan berhitung pada Anak Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu, setelah diterapkan permainan balok angka. Hal ini dibuktikan penerapan permainan kartu angka pra siklus mencapai 26 skor (72%), siklus mencapai 30 skor (83%) , siklus II 32 skor (89%), dan siklus III mencapai 34 skor (94%) yang berarti guru telah mampu menerapkan pembelajaran permainan kartu angka dengan baik. Peningakatan kemampuan berhitung pra siklis 9 anak (47,3%), siklus I mencapai 12 anak (63,2%), siklus II mencapai 14 anak (73,7%) dan pada siklus III mencapai 17 anak (89,4%) mampu menyebutkan, mengurutkan, menjumlah bilangan 1-10 dengan benar. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemapuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 dapat ditingkatkan melalui Permainan Kartu Angka pada anak Kelompok Bermain Usia 3-4 Tahun Islamiyah Pengulu Sidayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Media Kartu Angka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:35
Last Modified: 27 Jul 2023 04:35
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item