UMSurabaya Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B2 TK DHARMA WANITA “EKA SAPTA” RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO

Khasana, Siti Nur (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA KELOMPOK B2 TK DHARMA WANITA “EKA SAPTA” RANDUBANGO MOJOSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (586kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (158kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (148kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (152kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (421kB)

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai anak usia dini. Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini merupakan hal yang sangat substansial untuk diperkenalkan kepada anak. Untuk dapat mengenal huruf maka anak perlu mengenal huruf terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan mengenal huruf anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan media kartu huruf dan setelah menggunakan pembelajaran dengan media kartu huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran dengan media kartu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto sebanyak 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan mengenal huruf anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan media kartu huruf dan setelah menggunakan pembelajaran dengan media kartu huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi pembelajaran dengan media kartu huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 TK Dharma Wanita “EKA SAPTA” Randubango Mojosari Mojokerto

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: media kartu huruf, kemampuan mengenal huruf
Uncontrolled Keywords: media kartu huruf, kemampuan mengenal huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:49
Last Modified: 27 Jul 2023 04:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item View Item