UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DUSUN SIDOWANGUN DESA KEDUNGSARI KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO

Usmakyah, Siti (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DUSUN SIDOWANGUN DESA KEDUNGSARI KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung anak melalui model pembelajaran Inquiri pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Dusun Sidowangun Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung anak melalui model pembelajaran Inquiri pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Dusun Sidowangun Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan operasi hitung anak melalui kegiatan . Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Dharma Wanita Dusun Sidowangun Desa Kedungsari Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I pertemuan I seluruh aktifitas memperoleh skor hanya 67,78 persen dan meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 75,815 persen dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 88,8925 persen dan pada siklus II pertemuan 2 mengami peningkatan signifikan yaitu sebesar 98,335 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Ratno Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: operasi hitung, Inquiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:43
Last Modified: 27 Jul 2023 04:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7594

Actions (login required)

View Item View Item