UMSurabaya Repository

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA KB MIFTAHUL HIDAYAH DALEMAN JAPAN SOOKO MOJOKERTO

Hamidah, Hanit (2020) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA KB MIFTAHUL HIDAYAH DALEMAN JAPAN SOOKO MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (520kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (107kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (184kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (151kB)
[img] PDF (BAB 4)
Download (260kB)
[img] PDF (BAB 5)
Download (70kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Download (414kB)

Abstract

Penggunaan metode demonstrasi melalui kegiatan origami untuk meningkatkan perkembangan motorik halus pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Wahono, M.Si. Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan perkembangan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan origami dan setelah menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan origami pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi metode demonstrasi melalui kegiatan origami terhadap perkembangan motorik halus pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto sebanyak 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan perkembangan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan origami dan setelah menggunakan metode demonstrasi melalui kegiatan origami pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi metode demonstrasi melalui kegiatan origami terhadap perkembangan motorik halus pada KB Miftahul Hidayah Daleman Japan Sooko Mojokerto

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen pembimbing Drs. Wahono, M.Si Wardah Suweleh, M.Pd
Uncontrolled Keywords: origami, perkembangan motorik halus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:02
Last Modified: 27 Jul 2023 07:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7605

Actions (login required)

View Item View Item