UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK AL KAROMAH PONTEH GALIS PAMEKASAN

Yani, Titin Ummah (2019) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK AL KAROMAH PONTEH GALIS PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Masa peka yang paling berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga sangat menentukan watak serta keadaan jasmaniah kelak kemudian hari. Pendapat Bloom menyatakan bahwa 80% perkembangan mental, kecerdasan anak berlangsung pada anak usia dini. Banyak penanganan atau cara yang dapat kita lakukan untuk anak usia dini dalam meningkatkan potensinya, salah satunya dengan melalui bercerita. Bagi anak – anak duduk manis menyimak penjelasan dan nasehat merupakan salah satu yang tidak menyenangkan, sebaliknya duduk berlama – lama menyimak cerita atau dongeng adalah aktivitas yang mengasikkan. Oleh karena itu memberikan pelajaran dan nasehat melalui cerita adalah cara mendidik yang bijak dan cerdas. Cerita yang bagus tidak sekedar menghibur tapi juga mendidik, sekaligus merangsang perkembangan komponen kecerdasan linguistik yang paling penting. Atas dasar itulah penulis memilih judul”Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini TK Al Karomah Ponteh Galis Pamekasan Tahun Ajaran 2018/2019 ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode bercerita terhadap peningkatan ketrampilan membaca anak usia dini. Rencana penelitian menggunakan penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 25 siswa dengan teknik populasi. Penentuan daerah penelitian dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data, menggunakan metode observasi sebagai data utama, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik Chi Kuadrat dan guna mengetahui hubungan kedua variabel dipergunakan KK. Hasil penelitian terbukti menolak hipotesis nihil. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap peningkatan keterampilan membaca anak usia dini TK Al Karomah Ponteh Galis Pamekasan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan korelasi cukup berarti atau sedang. Taraf signifikansi 10% = 2,706. X2 empiris = 14,569 > 2,706 X2 tabel (KK=0,607). Bergerak antara 0,40<KK≤0,70 dengan interpretasi cukup berarti atau sedang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru dan sekolah menciptakan sarana pembelajaran yang bias membantu meningkatkan kemampuan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd ; 2. Wardah Suweleh, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita Dan Peningkatan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:38
Last Modified: 27 Jul 2023 07:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item