MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKHNIK MENGANYAM PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BULAY KECAMATAN GALIS KEBUPATEN PAMEKASAN

HASUNAH, NUR (2017) MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI TEKHNIK MENGANYAM PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BULAY KECAMATAN GALIS KEBUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN (keseluruhan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)

Abstract

Kartu gambar ekspresif di gunakan untuk mengembangkan salah satu
aspek kemampuan anak yaitu meningkatkan kecerdasan emosikarena kartu
gambar ekspresif dapat menstimulasi dan merespon emosi yang muncul.
Masalah penelitian yang ingin di pecahkan melalui kegiatan ini, adalah
bagaimanakah Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Dengan Kartu Gambar
Ekspresif di TK Nurud Dhalam Pamekasan Tahun 2015/2016.
Penelitian di lakukan untuk mengetahui kartu gambar ekspresif
meningkatkan kecerdasan emosi anak. Anak dapat mengenal, mengatasi,
mengelolah gangguan emosi yang muncul seperti sedih dan marah sehingga anak
dapat bersikap tertib selama berdoa, tidak mengganggu teman, mau sabar
menunggu giliran serta suka berbagi mainan ataupun makanan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, metode
pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adlah metode observasi
dan rangkuman penilaian. Data yang dikumpulkan berupa pengamatan terhadap
anak didik saat membaca doa, antri ketika cuci tangan dan jajan saat istirahat, mau
berbagi mainan atau makanan dengan teman serta hasil penilaian latihan kegiatan
mencocok gambar ekspresif.
Berdasarkan hasil observasi, secara klasikal dari 22 anak terdapat 18
anak yang meningkat kecerdasan emosinya, dan ada 4ank yangkecerdasan
emosinya tidak meningkat sebagaimana yang di harapkan. Dari perhitungan
tersebut dapat di ketahui bahwa secara klasikal di peroleh presentase keberhasilan
pembelajaran sebanyak 81,82% yang berarti kemampuan perkembangan anak
meningkat, dengan demikian dapat di simpulkan bahwa kecerdasan emosi anak
dapat di tingkatkan melalui kartu gambar ekspresif kelompok A TK Nurud
DhalamPamekasan tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Dr. M. Ridwan, M.Pd. ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi anak, kartu gambar ekspresif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:18
Last Modified: 04 Aug 2023 06:18
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7681

Actions (login required)

View Item
View Item