UMSurabaya Repository

METODE BERMAIN PERAN DALAM BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KUSUMA WIJAYA SURABAYA

KUSUMANINGTYAS, ANY (2019) METODE BERMAIN PERAN DALAM BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KUSUMA WIJAYA SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (823kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (173kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (164kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (262kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui A Penggunaan metode bermain peran di TK Kusuma Wijaya Usia 5-6 tahun Surabaya dan untuk mengetahui pembentukan karakter kesopanan di TK Kusuma Wijaya Usia 5-6 tahun Surabaya. Bermain peran merupakan salah satu bentuk bermain yang cocok digunakan untuk pembelajaran anak. Melalui metode bermain peran anak diajak untuk belajar memecahkan masalah pribadi, dengan bantuan kelompok sosial yang anggotanya teman-temannya sendiri. Anak mampu menirukan sebuah tokoh yang anak pilih saat bermain peran sehingga mengajarkan anak untuk mengekspresikan dirinya lewat peran-peran yang dimainkan. Mengajarkan anak untuk berinteraksi dan berbicara secara langsung dengan teman sebaya Roestiyah (2010: 90). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Djam’an Satori (2011: 23) mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif dilakukan karena peneliti ingin mengeksplor fenomena-fenomena yang tidak dapat dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini mengeksplor Metode Brmain Peran dalam Pembentukan karakter Sopan Anak Usia Dini di TK Kusuma Wijaya Kelompok B Surabaya. Selain itu penelitian ini juga bersifat induktif dan hasilnya lebih menekankan makna. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian berkaitan dengan norma atau nilai perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari diharapkan nanti menjadi budaya sekolah. Pada penelitian ini kemampuan anak dalam pembentukan karakter berkembang sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembentukan karakter, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:33
Last Modified: 04 Aug 2023 06:33
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7704

Actions (login required)

View Item View Item