ANWARI, DIJAN (2019) PERAN BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ROSELA INDAH SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (459kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (310kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (477kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (479kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pengembangan emosional pada anak usia dini merupakan bagian dari 
kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan anak 
usia dini pada dasarnya merupakan upaya pemberian stimulasi, bimbingan 
pengasuhan, dan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi-potensi dalam 
diri anak sesuai dengan aspek perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah untuk 
mendeskripsikan peran bimbingan guru dalam mengembangkan emosional anak 
usia 3-4 tahun di PPT Rosela Indah Surabaya. Jenis penelitian menggunakan 
rangkaian kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya tanpa ada 
dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan makna. Peneliti 
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini 
mengeksplor fenomena proses perkembangan emosional anak usia dini melalui 
peran guru di PPT Rosela Indah Surabaya. Penelitian ini bersifat induktif dan 
hasilnya lebih menekankan makna. Teknik pengumpulan data dilakukan pada 
natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik 
pengumpulan data lebih banyak pada observasi beranalisis serta, wawancara 
mendalam, dan dokumentasi. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah seluruh murid usia 3-4 tahun di PPT Rosela Indah Kecamatan Semampir 
Surabaya dengan jumlah siswa 19 anak. Analisis data berdasarkan data yang telah 
direduksi dan disajikan, peneliti membuat kesimpulan yang didukung dengan 
bukti yang kuat pada tahap pengumpulan data. Berdasarkan hasil pengamatan dan 
observasi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran bimbingan guru dalam 
mengembangkan emosional anak di PPT Rosela Indah Surabaya telah berperan 
cukup maksimal dalam mengembangkan emosional anak, yang mana anak satu 
sama lain mampu menyesuaikan diri, memecahkan masalah dan ada rasa empati 
antara anak satu dengan yang lainnya, selain itu juga anak ditanamkan sifat 
disiplin dalam setiap kegiatan, dilatih dan dikenalkan serta membiasakan anak 
untuk menanamkan sifat emosional sehingga menjadi modal bagi anak dalam 
memasuki pendidikan yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Ratno Abidin, M.Pd. ; 2. Drs. Wahono M.Si | 
| Uncontrolled Keywords: | bimbingan guru, emosional anak. | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education  | 
        
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD | 
| Depositing User: | Users 1348 not found. | 
| Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:37 | 
| Last Modified: | 04 Aug 2023 06:37 | 
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7713 | 
