UMSurabaya Repository

PERAN BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ROSELA INDAH SURABAYA

ANWARI, DIJAN (2019) PERAN BIMBINGAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ROSELA INDAH SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (459kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (310kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (477kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (479kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan emosional pada anak usia dini merupakan bagian dari kebutuhan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan anak usia dini pada dasarnya merupakan upaya pemberian stimulasi, bimbingan pengasuhan, dan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi-potensi dalam diri anak sesuai dengan aspek perkembangan anak. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran bimbingan guru dalam mengembangkan emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Rosela Indah Surabaya. Jenis penelitian menggunakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya tanpa ada dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan makna. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini mengeksplor fenomena proses perkembangan emosional anak usia dini melalui peran guru di PPT Rosela Indah Surabaya. Penelitian ini bersifat induktif dan hasilnya lebih menekankan makna. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi beranalisis serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh murid usia 3-4 tahun di PPT Rosela Indah Kecamatan Semampir Surabaya dengan jumlah siswa 19 anak. Analisis data berdasarkan data yang telah direduksi dan disajikan, peneliti membuat kesimpulan yang didukung dengan bukti yang kuat pada tahap pengumpulan data. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran bimbingan guru dalam mengembangkan emosional anak di PPT Rosela Indah Surabaya telah berperan cukup maksimal dalam mengembangkan emosional anak, yang mana anak satu sama lain mampu menyesuaikan diri, memecahkan masalah dan ada rasa empati antara anak satu dengan yang lainnya, selain itu juga anak ditanamkan sifat disiplin dalam setiap kegiatan, dilatih dan dikenalkan serta membiasakan anak untuk menanamkan sifat emosional sehingga menjadi modal bagi anak dalam memasuki pendidikan yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Ratno Abidin, M.Pd. ; 2. Drs. Wahono M.Si
Uncontrolled Keywords: bimbingan guru, emosional anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:37
Last Modified: 04 Aug 2023 06:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7713

Actions (login required)

View Item View Item