UMSurabaya Repository

STUDI KASUS PELAKSANAAN PENERIMAAN PASIEN BARU DI RUANG PAVILIUN ISMAIL RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG

Setiawan, Agung (2019) STUDI KASUS PELAKSANAAN PENERIMAAN PASIEN BARU DI RUANG PAVILIUN ISMAIL RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (426kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (165kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (205kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (189kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan keperawatan profesional dirasakan sebagai fenomena yang harus direspon oleh perawat. Salah satu tuntutan tersebut adalah adanya penerimaan pasien baru yang lebih optimal. Tujuan studi ini adalah mengetahui pelaksanaan penerimaan pasien baru yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Desain penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Unit analisa adalah penerimaan pasien baru dari tahap pra hingga post penerimaan pasien baru. tekhnik pengumpulan data pada studi ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Tekhnik analisis data yang digunakan yakni menggunakan analisis data kualitatif. Hasil studi kasus pelaksanaan penerimaan pasien baru di ruang Paviliun Ismail rumah sakit Siti Khodijah Sepanjang diperoleh hasil tindakan penerimaan pasien baru pada tahap pra dan pelaksanaan belum sesuai dengan SOP, sedangkan pada tahap post sudah sesuai dengan SOP. Pada tahap pra, dari total 5 tindakan, sebanyak 2 tindakan belum dilakukan yakni perawat tidak menyiapkan lembar tata tertib pasien dan pengunjung, perawat tidak memberikan souvenir (waslap seka) kepada pasien yang baru masuk. Pada tahap pelaksanaan, dari total 11 tindakan, sebanyak 5 tindakan belum dilakukan yakni kepala ruangan/ketua tim/penanggung jawab shift tidak memperkenalkan diri kepada pasien dan keluarga, perawat tidak memperkenalkan pasien baru dengan pasien yang sekamar, perawat tidak memberikan informasi terkait orientasi ruangan, perawat tidak memperkenalkan mengenai perawat yang bertanggung jawab atas pasien, perawat tidak menjelaskan fasilitas yang ada diruangan. Pada tahap post seluruh tindakan sudah dilakukan sesuai dengan SOP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. A. Aziz Alimul H,S.Kep.,Ns.,M.Kes ; 2. Ratna Agustin, S.Kep.,Ns., M.Kep
Uncontrolled Keywords: penerimaan pasien baru, standart operasional prosedur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:59
Last Modified: 04 Aug 2023 07:59
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item