UMSurabaya Repository

PEMAHAMAN WARNA ANAK KELOMPOK B (USIA 3 – 4 TAHUN) DI POS PAUD TERPADU (PPT) HARAPAN BUNDA TAMBAKSARI SURABAYA

JUMANI, JUMANI (2019) PEMAHAMAN WARNA ANAK KELOMPOK B (USIA 3 – 4 TAHUN) DI POS PAUD TERPADU (PPT) HARAPAN BUNDA TAMBAKSARI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (972kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (186kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (194kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu aspek dari kemampuan kognitif.Kemampuan mengenal warna pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan otaknya, sebab pengenalan warna pada anak usia dini dapat merangsang indera penglihatan otak, warna juga dapat memancing kepekaan terhadap penglihatan yang terjadi, karena warna yang ada pada benda terkena sinar matahari baik secara langsung atau tidak langsung yang kemudian dapat dilihat oleh mata. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pemahaman warna pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda, 2) Bagaimana hasil pemahaman warna pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda. Penelitian ini bertujuan untuk1) mendeskripsikan pemahaman warna anak kelompok B (usia 3-4 tahun), 2) mendeskripsikan hasil pemahaman warna pada anak usia 3-4 tahun di Pos Paud Terpadu Harapan Bunda. Metodologi Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan diskripsi tentang pengenalan warna diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengenalan warna pada anak usia 3-4 tahun.Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi,. Hasil pengamatan diperoleh 12 anak mampu dalam menyebutkan, menunjukkan serta mengelompokkan warna secara baik dan benar, sedangkan ada 2 anak yang mulai berkembang dalam menyebut, menunjukkan dan mengelompokkan warna serta 1 anak yang belum berkembang dalam menyebut, menunjukkan dan mengelompokkan warna. Kegiatan pengenalan warna yang dilakukan di PPT Harapan Bunda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I. Ratno Abidin, S.Pd, M.Pd., Pembimbing II. Aris Setiawan, S.Sn, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Analisis pemahaman warna, Anak Kelompok B
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:10
Last Modified: 07 Aug 2023 04:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7741

Actions (login required)

View Item View Item