UMSurabaya Repository

DAMPAK KEKERASAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS PUTRI, SISWI DI TK KENARI SEMAMPIR – SURABAYA)

ROHIMAH, SITI (2019) DAMPAK KEKERASAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR (STUDI KASUS PUTRI, SISWI DI TK KENARI SEMAMPIR – SURABAYA). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (165kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (329kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (137kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar anak merupakan salah satu tujuan dari proses belajar karena dengan prestasi belajar kita dapat mengetahui gambaran tingkat keberhasilan dan kegiatan selama mengikuti pelajaran. Keluarga merupakan tempat dimana awal anak mulai belajar. Salah satu kebutuhan anak untuk bisa mendukung prestasi belajarnya adalah rasa aman yang diperolehnya dari rumah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan analisa dampak kekerasan dalam rumah tangga terhadap prestasi belajar anak usia 5 tahun di Tk Kenari Semampir�Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan triangulasi teknik yang mana peneliti menggunakan 3 cara untuk pengumpulan data yaitu : Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai subyek penelitian adalah siswi Tk Kenari kecamatan Semampir Surabaya yang bernama Putri. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kekerasan rumah tangga berdampak penurunan prestasi belajar anak. Anak yang awalnya bersemangat berdoa, percaya diri, mampu berbuat baik terhadap teman, mampu melindungi diri, mampu bercerita, mampu mengolah emosi akhirnya mengalami penurunan setelah terjadi KDRT. Anak tidak lagi mau berdoa dengan baik, tidak lagi percaya diri, tidak dapat menunjukkan sikap yang baik karena meniru perlakuan yang diterimanya, tidak mau lagi bercerita kalau tidak dipancing gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd, II: Aristiana Prihatining R, S.Sos.,M.Med. Kom.
Uncontrolled Keywords: anak usia 5 tahun, kekerasan anak, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:19
Last Modified: 07 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item