HOTIJAH, SITTI (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI POLI HEMATOLOGI ONCOLOGI MEDIK (HOM) RSUD Dr.SOETOMO SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (745kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (151kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (352kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (547kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu bentuk pelayanan yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien di rumah sakit adalah pelayanan keperawatan. Penelitian Otani dkk di lima rumah sakit di daerah metropolitan St. Louis mid-Missouri dan bagian selatan Illinois Amerika Serikat menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf dan perawat adalah faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pasien (Otani et al, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Poli Hematologi Oncologi Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya 2019. Penelitian ini menggunakan desain Analitik Corelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya Seluruh Pasien Di Poli Hematologi Onkologi Medik (N:100 Pasien). Sampling yang digunakan Purposive Sampling. Sampel diambil Sebanyak 80 Pasien baru Di Poli Hematologi Onkologi Medik. Variabel independen (Pendidikan, Pengalaman, Kinerja) dan variabel dependen (Kepuasan Pasien). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner kepuasan pasien, kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square (X 2)Test dengan tingkat signifikasi ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, ada Pengaruh faktor pendidikan, faktor pengalaman dan faktor kinerja terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Poli Hematologi Oncologi Medik RSUD Dr. Soetomo Tahun dengan (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh faktor pendidikan, pengalaman dan kinerja terhadap tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di Poli Hematologi Oncologi Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya 2019. Peneliti berikutnya agar dapat mencari dan menerapkan inovasi terbaru dalam upaya meningkatan pelayanan asuhan keperawatan serta mutu terhadap ruangan agar tercipta kepuasan pasien sehingga meningkatkan derajat kesehatan setiap pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Ratna Agustin, S.Kep., NS., M.Kep ; 2. Suyatno Hadi S, S.Kep., NS., M.Ked.Trop |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Keperawatan, Hematologi Onkologi Medik, Kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Muhammad Faizal Ramadhani |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:21 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7820 |
Actions (login required)
View Item |