HIDAYAT, MUHAMAD RAMADHAN ARIAN NUR (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MASA PPKM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Pendahuluan.pdf
Download (809kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (224kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (215kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (179kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari adanya hambatan yang dialami oleh 
guru maupun siswanya. Hambatan tersebut banyak terjadi dalam proses pembelajaran di 
kelas yang menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya. Kesulitan belajar 
yang dialami oleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut terdiri dari 
faktor internal dan ekternal. Oleh karena itu, guru berupaya mengidentifikasi terkait 
permasalahan yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. 
Penelitian ini bertujuan untuk a) Mengetahui kegiatan pembelajaran IPA yang 
dilakukan guru selama masa PPKM; b) Mengetahui peran guru dalam mengatasi 
kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 2 
Surabaya.; c) Menganalisis kesulitan belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 
Surabaya mata pelajaran IPA; 3) Menganalisis upaya yang dilakukan guru dalam 
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini 
menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen dalam 
pengumpulan data. 
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) Kegiatan pembelajaran IPA 
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya Masa PPKM dilakukan secara luring dan 
daring.; b) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa kelas IV di SD 
Muhammadiyah 2 Surabaya yaitu: guru mempunyai peran sebagai fasilitator, motivator,. 
pengarah/director, sebagai transmitter; 3) Kesulitan siswa belajar IPA di SD 
Muhammadiyah 2 Surabaya disebabkan 2 faktor, yaitu faktor internal diantaranya minat, 
motivasi, rasa percaya diri, kebiasan belajar, cita-cita, sedang faktor eksternal 
diantaranya: peran guru, ketersediaan sarana dan prasarana, kebijakan penilaian, 
lingkungan sosial di sekolah, lingkungan sosial di rumah, kurikulum; 4) Upaya guru 
dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Surabaya antara lain 
mengadakan bimbingan belajar di sekolah dan di rumah, memberikan motivasi kepada 
siswa, memberikan tugas kepada siswa supaya siswa mau belajar di rumah melarang 
siswa membawa HP ke sekolah agar siswa bisa berkonsentrasi dalam belajar dan 
menghindari kecanduan game online, mengadakan konseling pribadi dan menjalin 
komunikasi yang baik dengan orang tua guna mengatasi masalah siswa di sekolah serta 
mengelompokkan materi IPA terlebih dahulu sebelum dijelaskan kepada siswa agar 
mereka bisa memahami materi dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Meirza Nanda Faradita, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II: Ishmatun Naila, S.Si., M.Pd. | 
| Uncontrolled Keywords: | peran guru, kesulitan, belajar, IPA, PPKM | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools  | 
        
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | 
| Depositing User: | Users 1348 not found. | 
| Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:38 | 
| Last Modified: | 08 Aug 2023 06:38 | 
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7853 | 
