UMSurabaya Repository

PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Hardianti, Alfrida Isra (2020) PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (509kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (344kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (436kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (375kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surabaya Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MM1 SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, diolah menggunakan teknik presentase. Hasil penellitian ini menunjukan bahwa: (1) setelah pembelajaran menggunakan pendekatan RME, HOTS siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang memiliki persentase sebesar 18% dan siklus II memiliki persentase sebesar 93%. Dari siklus I dan siklus II kemampuan HOTS siswa kelas X MM1 mengalami peningkatan sebesar 75%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yang memperoleh persentase tertinggi adalah siswa melaksanakan diskusi kelompok sebesar 31,8% dan aktivitas siswa pada siklus II yang memperoleh persentase tertinggi adalah siswa melaksanakan diskusi kelompok sebesar 36,71%. Aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II pada indikator siswa melaksanakan diskusi kelompok mengalami peningkatan sebesar 4,91%. (3) Aktivitas guru dalam peningkatan HOTS siswa kelas X MM1 melalui pendekatan RME pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran pada RPP I siklus I mendapat persentase sebesar 79,8% dan pada RPP II siklus II mendapat persentase sebesar 88,9%. Aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,1%. Sehingga, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dra. Chusnal Ainy, M.Pd ; 2. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS); Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:56
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item