Hardianti, Alfrida Isra (2020) PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (509kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (344kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (436kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (375kB) | Preview
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surabaya Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MM1 SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, diolah menggunakan teknik presentase. Hasil penellitian ini menunjukan bahwa: (1) setelah pembelajaran menggunakan pendekatan RME, HOTS siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I yang memiliki persentase sebesar 18% dan siklus II memiliki persentase sebesar 93%. Dari siklus I dan siklus II kemampuan HOTS siswa kelas X MM1 mengalami peningkatan sebesar 75%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yang memperoleh persentase tertinggi adalah siswa melaksanakan diskusi kelompok sebesar 31,8% dan aktivitas siswa pada siklus II yang memperoleh persentase tertinggi adalah siswa melaksanakan diskusi kelompok sebesar 36,71%. Aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II pada indikator siswa melaksanakan diskusi kelompok mengalami peningkatan sebesar 4,91%. (3) Aktivitas guru dalam peningkatan HOTS siswa kelas X MM1 melalui pendekatan RME pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran pada RPP I siklus I mendapat persentase sebesar 79,8% dan pada RPP II siklus II mendapat persentase sebesar 88,9%. Aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,1%. Sehingga, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surabaya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dra. Chusnal Ainy, M.Pd ; 2. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Higher Order Thinking Skill (HOTS); Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
| Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:56 |
| Last Modified: | 08 Aug 2023 07:56 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7926 |
