UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA

Safiah, Anifatun (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (304kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (621kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (485kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Pembelajaran aktif adalah metode pengajaran dengan siswa dilibatkan aktif dalam proses pembelajaran, siswa dilibatkan untuk melakukan pengalaman belajar selama proses pembelajaran. Selain itu, diharapkan siswa dapat menemukan sesuatu melalui proses pembelajaran tidak hanya disodori sejumlah teori yang sudah ada. Pada kenyataannya, siswa hanya disuguhkan teori atau fakta-fakta yang sudah ada yang diberikan oleh guru tanpa siswa menemukan sendiri. Siswa cenderung pasif dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu cara untuk mengatasi dengan menerapkan berbagai strategi atau cara belajar yang dilakukan langsung oleh siswa sendiri secara bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya dan kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian berdasarkan uji t, dengan hasil posttest t_tabel=2,021<t_hitung=2,453, menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Aktivitas yang dominan dilakukan oleh siswa selama pembelajaran ialah aktivitas “ Berdiskusi dengan kelompok (mengerjakan LKS berbasis Discovery Learning)” dengan persentase 34,1%. Respon siswa diperoleh bahwa 96 % dari keseluruhan siswa merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Febriana Kristanti, S.Si., M.Si ; 2. Endang Suryaningtyas, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Reciprocal Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:56
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7933

Actions (login required)

View Item View Item