UMSurabaya Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA

Anggraini, Lala (2020) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (608kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (234kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (520kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (524kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan wondershare Quiz Creator terhadap hasil belajar, aktivitas peserta didik dan guru, serta respon peserta didik pada kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperiment. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang diambil sebanyak 44 peserta didik dari 22 peserta didik kelas eksperimen dan 22 peserta didik kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan uji t diperoleh posttest dengan t_tabel=2.018≤t_hitung=3.746, maka H_0 ditolak sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata skor akhir tes pada kelas kontrol; (2) Aktivitas peserta didik paling dominan terjadi adalah aktivitas “berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah dengan berdiskusi bersama kelompok” dengan persentase sebesar 37%; (3) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mendapat skor rata-rata 3.72 dengan kriteria sangat baik; dan (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa 95.6% peserta didik merespon positif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan reciprocal teaching berbantuan wondershare quiz creator berpengaruh positif dan signifikan pada peserta didik kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 13 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Achmad Hidayatullah, S.Pd., M.Pd ; 2. Endang Suryaningtyas, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reciprocal Teaching, Wondershare Quiz Creator, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:56
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7939

Actions (login required)

View Item View Item