UMSurabaya Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN KREATIF DENGAN MEDIA HANGER PLAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

Hidayat, Noor Riyadi (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN KREATIF DENGAN MEDIA HANGER PLAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (862kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (189kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (235kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (381kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan penting bagi setiap orang. Sebuah survey memperlihatkan bahwa 82% anak-anak yang masuk sekolah pada usia 5-6 tahun memiliki citra diri positif tentang kemampuan belajar mereka sendiri. Namun angka tersebut turun drastis menjadi hanya 18% ketika usia mereka beranjak 16 tahun. Penyebab menurunnya kemampuan belajar ini diakibatkan dari sikap malas, menggampangkan tugas, cara belajar siswa di rumah yang terlalu santai. Sama halnya ketika siswa belajar matematika. Diketahui konsep matematika pada umumnya bersifat abstrak sehingga sulit bagi siswa untuk dapat memahami materi dengan hanya mendengarkan penjelasan guru. Berdasarkan survey tersebut, digunakan pembelajaran Permainan Kreatif dengan menggunakan media Hanger Play sebagai alat bantu untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Permainan Kreatif dengan media Hanger Play terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Karena penelitian ini berupaya mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Permainan Kreatif dengan media Hanger Play terhadap kekatifan dan hasil belajar siswa. Kemudian di kembangkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket respon siswa. Objek penelitiannya adalah siswa siswi kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh positif, karena pengaruh penggunaan metode Permainan Kreatif dengan media Hanger Play menunjukan keaktifan dan hasil belajar siswa yang baik. Hasil penelitian dengan menggunakan observasi menunjukan tingkat signifikan yang tinggi (tertarik) terhadap terhadap pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Shoffan Shoffa, S.Pd., M.Pd ; 2. Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hanger Play, Metode Permainan Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:55
Last Modified: 08 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7944

Actions (login required)

View Item View Item