UMSurabaya Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Rusdiana, Rina (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (623kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (194kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (399kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (410kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Start with a Question terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian diolah dengan uji t dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Learning Start with a Question berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t_tabel= 2,01808 ≤ t_hitung = 2,371 maka H_0 ditolak dan alternatif diterima, (2) Aktivitas siswa dominan pada aktivitas “Menyimak dan mampu menyebutkan kembali materi yang telah disampaikan” dengan persentase 50,5%, (3) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi Learning Start with a Question adalah positif. Hal ini ditunjukkan dari persentase respon siswa yang menyatakan setuju dan sangat setuju adalah sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Jadi, strategi Learning Start with a Question berpengaruh dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII E di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd ; 2. Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Learning Start with a Question, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lailil Aswiyatul Mustdzalifah
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:44
Last Modified: 09 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7959

Actions (login required)

View Item View Item