UMSurabaya Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASUK DI SD NEGERI TANAH KALIKEDINDING II/252 SURABAYA

Nurhajati, Umi (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT MASUK DI SD NEGERI TANAH KALIKEDINDING II/252 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (129kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (319kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (239kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (773kB)

Abstract

Semakin banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan calon peserta didik baru, atau dilakukan “merger” sekolah karena kurang siswa dan kuranga kompeten, maka sangat dibutuhkan keahlian kepala administrator sekolah memahami pemasaran agar tetap “survive”, “memenangkan” persaingan dan berkembang sesuai keinginan. Rumusan masalah : 1. Apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif; 2. Apakah bauran juga berpengaruh positif; 3. Apakah kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh secara simultan. Metode penelitian : Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis uji f dan uji t. Sampel yang digunakan berdasarkan pendapat Arikunto (2005:116), yaitu 20% dari jumlah populasi sebanyak 510 wali murid, atau lebih kurang 100 wali murid. Hasil penelitian : Dari hasil uji t diperoleh hasil 0,079 > 0,05, bahwa hipotesis variabel kualitas layanan terhadap minat masuk ditolak. Begitu pula hasil uji t variabel bauran promosi terhadap minat masuk diperoleh hasil 0,637 > 0,05 artinya ditolak. Namun hasil uji f (secara simultan) diperoleh hasil 0,000 < 0,05, bahwa hipotesis diterima dan ada pengaruh positif signifikan terhadap minat masuk. Kesimpulan : 1. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif signifikan secara parsial; 2. Bauran promosi tidak berpengaruh positif signifikan secara parsial; dan 3. Kualitas pelayanan dan bauran promosi berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap minat masuk. Saran : 1. Kualitas pelayanan perlu ditingkatkan agar lebih terasa dan melekat pada diri siswa terutama wali murid lama dan baru; 2. Promosi mulai dikurangi, lebih efisien dalam penggunaan dana diganti dengan hal-hal positif dalam pemberian layanan; 3. Melakukan promosi WOM yang membangun dan memberi kualitas kepada sekolah, agar wali murid senang mempromosikan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : (I) Dr. M Anang Firmansyah, S.E., M.M (II) Dra. Siti Salbiyah, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat Masuk
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: 02. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:02
Last Modified: 09 Aug 2023 04:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item