UMSurabaya Repository

SISTEM PENGEMBANGAN PRODUK JUAL BELI VALUTA ASING (BA’I AL-SHARF) DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JEMUR HANDAYANI SURABAYA

Hussana, Alvianita (2019) SISTEM PENGEMBANGAN PRODUK JUAL BELI VALUTA ASING (BA’I AL-SHARF) DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JEMUR HANDAYANI SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (862kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (332kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring perkembangan jaman, tak lepas dari perekonomian internasional termasuk ekspor impor. Dengan perekonomian internasional tersebut perusahaan tak lepas dari transaksi ke luar negeri maka dari itu Bank memberikan layanan transaksi jual beli valuta asing untuk mempermudah dalam transaksi ke luar negeri. Dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah bagaimana sistem transaksi jual beli valuta asing yang dalam istilah syariah yaitu ba’i al-sharf di Bank Syariah Mandiri Cabang Jemur Handayani Surabaya, dan bagaimana sistem pengembangan produk jual beli valuta asing atau ba’i al-sharf di Bank Syariah Mandiri Cabang Jemur Handayani Surabaya. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan field research yang mana peneliti mengamati secara langsung transaksi jual beli valuta asing di Bank Syariah Mandiri Cabang Jemur Handayani tersebut. Peneliti juga melakukan wawancara (in-dept interview) kepada staf bank yang bersangkutan dan dua nasabah yang melakukan transaksi jual beli valuta asing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa transaksi jual beli valuta asing di Bank Syariah Mandiri Surabaya Cabang Jemur Handayani menggunakan akad sharf, dan hanya menggunakan satu jenis transaksi yaitu spot value today. Dalam mengembangkan produk jual beli valuta asing, Bank Syariah Mandiri Cabang Jemur Handayani menggunakan strategi 7P yaitu, product, price, promotion, place, people, process, phydical evidence (bukti fisik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing : 1. Abdul Wahab, M.E.I ; 2. Arin Setiyowati, M.A
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Valuta Asing, Ba’i Al-Sharf
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Faizal Ramadhani
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:57
Last Modified: 09 Aug 2023 06:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7999

Actions (login required)

View Item View Item